SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang anjuran bertoleransi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membaca Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Q.S. Al-Kafirun
§ Q.S. Yunus; 40-41
§ Q.S. Al-Kahfi; 29
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi : 29.
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi : 29.
|
§ Mampu membaca Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.
|
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Q.S. Al-Kafirun
§ Q.S. Yunus; 40-41
§ Q.S. Al-Kahfi; 29
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan per-kata Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi : 29.
§ Mendiskusikan terjemah Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
|
§ Mampu mengartikan per-kata Al-Qur'an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.
|
1.3 Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
|
§ Q.S. Al-Kafirun
§ Q.S. Yunus: 40-41
§ Q.S. Al Kahfi: 29
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§ Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
§ Menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§ Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Al Qur'an
Standar Kometensi : 2. memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang etos kerja
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Q.S. Al-Mujadalah: 11
§ Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Membaca Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
· Mengidentifikasi tajwid Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
|
· Mampu membaca Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
· Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
|
§ Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30.
- Buku-buku yang relevan.
|
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Q.S. Al-Mujadalah: 11
§ Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan perkata Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10.
§ Mengartikan per-ayat Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10.
§ Mendiskusikan terjemah Al-Qur'an surat Al Mujadalah :11 dan Al Jumuah : 9-10
§
|
§ Mampu mengartikan perkata Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30.
- Buku-buku yang relevan.
|
2.3 Membiasa-kan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Q.S. Al-Mujadalah: 11
§ Q.S. Al-Jumuah: 9-10
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
· Mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
· Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
|
· Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
· Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
· Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30.
- Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
Iman kepada Hari Akhir.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
|
§ Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§ Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 31-41.
- Buku-buku yang relevan.
|
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
Hikmah beriman kepada hari akhir
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
|
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
§ Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
§ Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
|
Jenis tagihan:
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ - Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 31-41.
- Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh
|
Adil, Rida dan Amal saleh:
§ Pengertian Adil
§ Pengertian Rida
§ Pengertian Amal saleh
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan pengertian adil.
§ Mendiskusikan pengertian rida.
§ Mendiskusikan pengertian amal saleh.
|
§ Mampu menjelaskan pengertian adil
§ Mampu menjelaskan pengertian rida
§ Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51.
- Buku-buku yang relevan.
|
4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh
|
Adil, Rida dan Amal saleh:
§ Contoh perilaku adil
§ Contoh perilaku rida
§ Contoh perilaku amal saleh.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mempraktikkan contoh perilaku adil.
§ Mempraktikkan contoh perilaku rida.
§ Mempraktikkan contoh perilaku amal saleh.
|
§ Menampilkan contoh perilaku adil.
§ Menampilkan contoh perilaku rida.
§ Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51.
- Buku2 yg relevan.
|
4.3 Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Adil, Rida dan Amal saleh :
§ Pembiasaan perilaku adil
§ Pembiasaan perilaku rida
§ Pembiasaan perilaku amal saleh.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Berlatih berperilaku adil.
§ Berlatih berperilaku rida.
§ Berlatih berperilaku amal saleh.
|
§ Menunjukkan perilaku adil.
§ Menunjukkan perilaku rida.
§ Menunjukkan perilaku amal saleh.
|
§ Jenis tagihan:
Sikap individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51.
- Buku2 yg relevan relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam
§ Rukun nikah
§ Muhrim
§ Kewajiban suami istri.
§ Talak
§ Ruju'
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang nikah.
§ Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang talak.
§ Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang ruju'.
|
§ Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
§ Menjelaskan hukum Islam tentang talak
§ Menjelaskan hukum Islam tentang ruju'.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
4 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71.
- Buku-buku yang relevan.
- Buku UU No 1/1974.
|
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan
|
Hikmah perkawinan
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan tentang hikmah pernikahan dalam Islam.
§ Mendiskusikan tentang hikmah talak.
§ Mendiskusikan tentang hikmah ruju'.
|
§ Menjelaskan hikmah nikah
§ Menjelaskan hikmah talak
§ Menjelaskan hikmah ruju'.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71.
- Buku-buku yang relevan.
- Buku UU No 1/1974.
|
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mencari literatur tentang perundang-undang perkawinan di Indonesia.
§ Mendiskusikan tentang ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
|
§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71.
- Buku-buku yang relevan.
- Buku UU No 1/1974.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
|
Perkembangan Islam di Indonesia.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia.
§ Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia.
§ Menunjukkan manfaat dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
|
§ Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§ Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93.
- Buku-buku yang relevan.
|
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
Contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia.
|
§ Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93.
- Buku2 yg relevan.
|
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
|
Hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia
§ Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
§ Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
§ Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
- Al-Qur'an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93.
- Buku2 yg relevan.
|
Download Filenya Gratis Klik Dibawah
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori
Silabus Agama
dengan judul
SilabusPAISMABerkarakterKlsXII-1
. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By :
Gudang Makalah
Ditulis oleh:
Unknown
-
Belum ada komentar untuk " SilabusPAISMABerkarakterKlsXII-1 "
Posting Komentar