SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang kompetisi dalam kebaikan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir: 32
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
|
§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku yang relevan.
|
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir: 32
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku
yang relevan.
|
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
|
§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir : 32
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
§ Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
§ Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177
|
§ Al-Qur'an Surat Al Isra : 26-27
§ Al-Qur'an Surat Al Baqarah : 177
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
§ Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku yang relevan.
|
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177
|
§ Q.S. Al Isra : 26-27
§ Q.S. Al Baqarah : 177
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku
yang relevan.
|
2.3 Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du'afa seperti terkandung dalam Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177
|
§ Al-Qur'an Surat Al Isra: 26-27
§ Al-Qur'an Surat Al Baqarah: 177
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
§ Mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
§ Menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
· Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
§ - Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas.
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku-buku yang relevan.
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
- Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah.
§ Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku2 yg relevan.
|
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
§ - Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam pembelajaran.
§ Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah.
|
§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku2 yg relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
|
Taubat dan Raja' :
§ Pengertian Taubat
§ Pengertian Raja'
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan pengertian taubat
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat
§ Mendiskusikan pengertian raja'.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja'.
|
§ Mampu menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja'
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku-buku yang relevan.
|
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
|
Taubat dan Raja' :
§ Contoh Perilaku Taubat
§ Contoh Perilaku Raja'
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku raja'.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja'.
|
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja'
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku2 yg relevan.
|
4.3 Membiasa-kan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
|
Pembiasaan Taubat dan Raja' dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Membiasakan raja' dalam pembelajaran.
§ Membiasakan taubat dalam pembelajaran.
|
§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja' dalam kehidupan sehari-hari.
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu'amalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
|
Transaksi Ekonomi dalam Islam:
- Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam dalam kelompok.
§ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
§ Buku-buku yang relevan.
|
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
Transaksi Ekonomi dalam Islam:
§ - Contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam
· Melakukan simulasi tentang transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
· Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
Buku2 yg relevan.
|
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
|
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
|
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
Buku2 yg relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan .
§ Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
§ Buku-buku yang relevan.
|
6.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mengidentifikasi dari peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mendiskusikan contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
· Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
§ Buku-buku yang relevan.
|
Download Filenya Gratis
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori
Silabus Agama
dengan judul
SilabusPAISMABerkarakterKlsXI-1
. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By :
Gudang Makalah
Ditulis oleh:
Unknown
-
Belum ada komentar untuk " SilabusPAISMABerkarakterKlsXI-1 "
Posting Komentar