SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
|
§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku yang relevan.
|
1.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku yang relevan.
|
1.3 Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
§ Q.S.. Al-Baqarah: 30
§ Q.S.. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S.. Az-Zariyat: 56
§ Q.S.. An Nahl: 78
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Jenis Tagihan:
Perilaku individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Membaca Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S. Al-An'am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca dengan fasih Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An'am: 162-163
|
§ Mampu membaca Q.S Al-An'am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An'am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku yang relevan.
|
2.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S. Al-An'am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengartikan perkata Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mengartikan per-ayat Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An'am: 162-163
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An'am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Isian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku yang relevan.
|
2.3 Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Q.S. Al-An'am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163
§ Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An'am: 162-163
|
Jenis Tagihan:
Perilaku individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna:
§ 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
§ Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
§ Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
|
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna:
§ 10 Asmaul Husna dan artinya
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
|
3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
Husnuzhan:
§ - Pengertian Perilaku Husnuzhan
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
§ Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
|
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
|
Husnuzhan:
§ Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
|
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Husnu zhan :
§ Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
|
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1 Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur'an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
Sumber hukum Islam:
§ Al-Qur'an
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
§ Al-Hadits
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
§ Ijtihad
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur'an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
Uraian singkat
|
4 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku2 yg relevan.
|
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
Hukum Taklifi :
§ Pengertian hukum taklifi.
§ Kedudukan hukum taklifi.
§ Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku yang relevan.
|
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum taklifi:
§ Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
|
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku yang relevan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
§ - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
|
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku yang relevan.
|
6.2 Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
Keteladanan Rasulullah SAW :
§ -Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku yang relevan.
|
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori
Silabus Agama
dengan judul
SilabusPAISMABerkarakterKlsX-1
. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By :
Gudang Makalah
Ditulis oleh:
Unknown
-
Belum ada komentar untuk " SilabusPAISMABerkarakterKlsX-1 "
Posting Komentar