PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian
II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A. Mencantumkan identitas
• Nama Sekolah
• Mata Pelajaran
• Kelas/Semester
• Alokasi Waktu
• Standar Kompetensi
• Kompetensi Dasar
Catatan:
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
C. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
D. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
E. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
F. Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, nara sumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, sedangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
G. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/GANJIL
Alokasi Waktu : … jam pelajaran (… x pertemuan)
A. Standar Kompetensi : ....................................
B. Kompetensi Dasar : ....................................
C. Tujuan Pembelajaran : ....................................
D. Materi Pembelajaran : ....................................
E. Model/Metode Pembelajaran : ...................................
F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1: .....................................................
Pertemuan 2: .....................................................
dst.
G. Sumber Belajar : ...................................
H. Penilaian : ...................................
Indikator Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Instrumen
Lampiran:
1. Pedoman penilaian
2. Pengembangan bahan ajar
3. Rencana tindak lanjut (program perbaikan)
ENDIDIKAN: Pengertian Silabus dan RPP
tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi ...
[DOC]
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian
II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A. Mencantumkan identitas
• Nama Sekolah
• Mata Pelajaran
• Kelas/Semester
• Alokasi Waktu
• Standar Kompetensi
• Kompetensi Dasar
Catatan:
- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
- Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.B. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
C. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
D. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
E. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
F. Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, nara sumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, sedangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
G. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/GANJIL
Alokasi Waktu : … jam pelajaran (… x pertemuan)
A. Standar Kompetensi : ....................................
B. Kompetensi Dasar : ....................................
C. Tujuan Pembelajaran : ....................................
D. Materi Pembelajaran : ....................................
E. Model/Metode Pembelajaran : ...................................
F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1: .....................................................
Pertemuan 2: .....................................................
dst.
G. Sumber Belajar : ...................................
H. Penilaian : ...................................
Indikator Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Instrumen
Lampiran:
1. Pedoman penilaian
2. Pengembangan bahan ajar
3. Rencana tindak lanjut (program perbaikan)
ENDIDIKAN: Pengertian Silabus dan RPP
snwulandari.blogspot.com/.../pengertian-silabus-dan-r...Translate this page
May 7, 2012 – Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/Makalah Pengembangan Silabus dan RPP
ktp09001.files.wordpress.com/.../makalah-pengemban...Translate this page
A.
Latar Belakang. Pemberlakuan Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang
Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan ...Makalah - Perangkat Pembelajaran KTSP | RPP | Silabus | Materi Ajar
halil4.wordpress.com/makalah-globalisasi-2/Translate this page
Makalah
ini saya posting sebagai referensi atau contoh bagi siswa saya
khususnya atau siapapun dimanapun berada yang membutuhkannya. Untuk mata
...
Pengertian dan Contoh Silabus (RPP)
teksdrama.blogspot.com › Sosial Pendidikan Translate this page
Sep 26, 2012 – Dalam lingkup pendidikan kita mengenal yang namanya silabus serta RPP. Apa yang dimaksud silabus? Dan apa pengertian RPP? Secara ...Pengertian RPP Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 | Kata Ilmu
www.katailmu.com › PendidikanT ranslate this page
Dan jika kita merujuk pada definisi pengertian RPP Silabus berkarkter adalah perangkat pembelajaran yang ada Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi, baiklah ...RPP dan Silabus Berkarakter - kumpulan makalah & bantuan bahan ...
makalahkumakalahmu.wordpress.com/.../rpp-dan-sila...Translate this page
Posts about RPP dan Silabus Berkarakter written by Dadan Wahidin.SILABUS DAN RPP SMA BERKARAKTER - RVBS
rvbs.blogspot.com › pendidikan› RPP › silabus Translate this page
Oct 24, 2012 – Di wilayah jakarta saat ini rata2 setiap sma swasta maupun negri semua guru rata2 sudah mempunyai RPP dan Silabus berkarakter sma untuk ...all in one: Pengertian Silabus dan RPP falitalita.blogspot.com/.../pengertian-silabus-dan-rpp.h...Translate this page
May 11, 2011 – Oleh karena itu dalam bab ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengembangkan Silabus dan RPP dalam pembelajaran Bahasa ...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori
RPP Biologi
dengan judul
PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By :
Gudang Makalah
Ditulis oleh:
Unknown
-
Belum ada komentar untuk " PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) "
Posting Komentar